FT Unimed Tingkatkan Intelektual Mahasiswa Melalui MTQ dan MKQ

Medan (Unimed) – Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Musabaqoh Khatil Qur’an (MKQ) tingkat Fakultas dengan tema “Meningkatkan Intelektual Mahasiswa Muslim Fakultas Bersama Al-Qur’an” yang digelar di Gedung Serbaguna FT lt. 3, Kamis (12/4/18). Pemenang MTQ dan MKQ tingkat fakultas akan menjadi perwakilan untuk mengikuti MTQ dan MKQ tingkat universitas dan jika dinyatakan juara tingkat Universitas maka akan mewakili Unimed pada tingkat provinsi dan nasional.

Pelaksanaan MTQ dan MKQ dibuka oleh Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd., dan dihadiri oleh Wakil Dekan I FT Dra. Hj. Rosnelli, M.Pd., Wakil Dekan II FT Dr. Eka Daryanto, MT., Wakil Dekan III FT Dr. Nathanael Sitanggang, M.Pd., Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi serta mahasiswa di lingkungan FT. Kegiatan diawali dengan pembacaan Al Qur’an.

https://ft.unimed.ac.id

Peserta yang mengikuti MTQ sebanyak 18 peserta dengan rincian 9 peserta Tilawah Al-Qur’an, 7 peserta Tartil, dan 2 peserta Hifdzil. Utuk MKQ diikuti oleh 11 peserta dengan rinciang 5 peserta mengikuti kaligrafi naskah, 4 peserta kaligrafi hiasan, dan 2 peserta kaligrafi dekorasi.

Dekan FT Prof. Harun dalam sambutan pembukaan mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan FT untuk memfasilitasi mahasiswa muslim FT dalam menunjukkan kompetensi dan skill dalam bidang Al Qur’an, serta berdampak bagi terbentuknya karakter mulia dan meningkatnya inteluktual mahasiswa FT Unimed. “Saya berharap kegiatan MTQ dan MKQ ini menjadi wujud mencintai dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalam al-qur’an kedalam kehidupan sehari-hari dikampus maupun diluar kampus,”ungkap Prof. Harun

Di samping itu, Prof. Harun juga berharap dengan kegiatan ini juga berdampak terhadap dimensi sosial yang dapat memperkuat moral pembangunan karakter dan intelektual civitas akademika di lingkungan FT Unimed. Hal ini sesuai dengan jargon Unimed sebagai kampus pembentuk karakter guna membentuk generasi ilmuwan muda yang berdedikasi dan berkarakter mulia.

Bertindak sebagai dewan Juri dalam lomba MTQ dan MKQ adalah adalah Drs. Manaon Batubara, MA, dan Dr. Ramli Nur, MA., dan Dr. Husnel Matondang, MA. (Humas Unimed)