U2F FT Unimed Pamerkan Produk Innovatif dari Kayu Jati

Medan (Unimed)- Unit Usaha Furnitur U2F Fakultas Teknik Unimed menggelar pameran furnitur di Halaman Gelanggang Mahasiswa Gedung H.Anif pada hari Rabu, 24 April 2018. Produk yang di pamerkan pada pameran ini merupakan hasil karya mahasiswa FT yang termasuk Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) yang dikembangkan di Workshop kayu FT Unimed.

Hadir dalam acara ini Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd , Wakil Dekan I Dra. Hj.Rosnelli, M.Pd , Wakil Dekan II Dr. Eka Daryanto, MT , Wakil Dekan III Dr. Nathanael Sitanggang, M.Pd dan civitas akademika Unimed.

PPUPIK merupakan program pengembangan yang bertujuan  mempercepat proses pengembangan budaya kewirausahaan di perguruan tinggi, membantu menciptakan akses bagi terciptanya wirausaha baru, menunjang otonomi kampus perguruan tinggi melalui perolehan pendapatan mandiri atau bermitra, memberikan kesempatan dan pengalaman kerja kepada mahasiswa, mendorong berkembangnya budaya pemanfaatan hasil riset perguruan tinggi bagi masyarakat, dan membina kerjasama dengan sector swasta termasuk pihak industry dan sector pemasaran.

Wakil Dekan III selaku ketua pelaksana U2F mengatakan  U2F  FT Unimed didirikan pada Februari 2018 yang lalu telah berhasil memproduksi bebrapa meubel, seperti kitchen set, lemari pakaian, dan lemari dibawah tangga yang terbuat dari bahan kayu jati. Di samping itu, sisa- sisa potongan kayu jati (waste material) dimanfaatkan menjadi : kotak tissue, jam dinding, lampu hias, bingkai cermin, dan pot bunga untuk hiasan dinding,

Dr. Nathanael juga mengatakan bahwa U2F FT Unimed juga memberikan kesempatan dan pengalaman kerja kepada mahasiswa yang nantinya akan menjadi wirausaha baru. “Keunggulan dari U2F FT Unimed berbeda dibandingkan  dengan usaha meubel lainnya yaitu konsumen dapat memesan desain furnitur sesuai dengan kebutuhan ruangan mereka dan konsumen juga dapat memperoleh layanan desain dengan menggunakan Sketchup tiga dimensi (3D), sehingga konsumen dapat melihat langsung bentuk furniture yang dipesan dalam bentuk virtual 3D,” ungkap Beliau.

Dekan FT Prof. Harun ketika meninjau pameran mengatakan bahwa Beliau mengapresiasi pameran yang dilaksanakan U2F FT. ”Saya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan seperti ini karena dengan kegiatan seperti ini dapat mendorong mahasiswa untuk menciptakan produk-produk innovasi sesuai dengan misi kita menjadikan Unimed unggul dibidang rekayasa industri. Saya berharap hasil produk mahasiswa nantinya dapat menembus pasar dan dapat bersaing dikancah nasional,”ujar Prof. Harun. (Humas Unimed)