Unimed Resmi Jadi PTN PK-BLU

Medan – Universitas Negeri Medan resmi beralih status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) pada Mei 2018 ini, yang sebelumnya berstatus sebagai PTN Satuan Kerja (SATKER). Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 362/KMK.05/2018 tanggal 02 Mei 2018 tentang Penetapan Universitas Negeri Medan Pada Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Sebagai Instansi Pemerintah yang Menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan  Badan Layanan Umum (PK-BLU).

Dengan ditetapkannya Unimed menjadi PK-BLU, maka sistem pengelolaan keuangan Unimed akan lebih baik dan fleksibel sehingga dapat berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan fasilitas Sarpras secara maksimal dan peningkatan SDM baik dosen maupun tenaga pendidik yang lebih berorientasi layanan akademik terbaik, serta terus dapat berusaha menstimulus semangat belajar mahasiswa.  

Dengan diberlakukannya PK-BLU, Unimed sebagai kampus yang unggul terkareditasi “A” BAN-PT, mendapat tantangan harus mampu mencari dana tambahan sendiri dari pengelolaan seluruh sarana, prasarana dan membuka unit bisnis yang potensial agar dapat memberikan income generate bagi Unimed. Tidak seperti pola Satker yang sistem pengelolaan keuangannya top down dari pusat dan tidak memiliki keleluasaan dalam mendapatkan income generate dari pihak luar.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., dikantornya mengucapkan rasa syukur atas terbitnya Surat Keputusan Menteri Keuangan RI yang mengesahkan Unimed telah resmi menjadi PTN PK-BLU sejak Mei 2018. Prestasi ini merupakan buah kerja keras dan kerjasama dari seluruh pimpinan, tim penyusun PK-BLU dan dukungan seluruh civitas Unimed. Selaku Rektor saya atas nama pribadi dan institusi mengucapkan terima kasih yang tulus atas kerja keras, kerjasama dan dukungan kita semua warga Unimed. Semoga beralihnya Unimed menjadi PTN PK-BLU ini akan membawa kemajuan dan kekompakan kita bersama untuk memajukan Unimed menjadi kampus yang unggul, maju dan dekat dengan masyarakat. Kita juga berharap agar beralih status ini dapat mendukung dalam peningkatan layanan akademik kepada mahasiswa dalam membentuk karakter diri dan merubah gaya belajar.

Lanjut Prof. Syawal, saya mengajak seluruh civitas Unimed untuk bersama bergandengan tangan, bahu membahu untuk mewujudkan kampus hijau Unimed merealiasikan PK-BLU ini dengan membuka unit-unit usaha yang diperbolehkan undang-undang dalam mendapatkan income generate, sehingga kita akan mendapatkan pendanaan yang cukup untuk membiayai kebutuhan pendanaan pengembangan kampus. PTN di Indonesia yang berkategori maju, sudah hampir semua berstatus PTN PK-BLU dan PTN-BH, karena pemerintah mendorong untuk itu, dengan tujuan mendorong PTN dapat maju dan terus berprestasi. Semoga Unimed dapat terus berkembang dan maju menjadi kampus tempat insan-insan muda Indonesia mengejar prestasi dan masa depan yang cemerlang. (Humas Unimed)