FT Unimed Tingkatkan Layanan Akademik Melalui Peran KDBK

Medan (Unimed) – Fakultas Teknik Unimed menggelar FGD Peningkatan Kinerja Kelompok Dosen Bidang Kajian (KDBK) untuk Layanan Akademik di Program Studi yang dilaksanakan di Ruang Aula FT  Lt. 2 (15/5/18). Dengan pemateri tunggal Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Tujuan FGD ini sebagai upaya menguatkan kembali komitmen untuk peningkatan kualitas pemberdayaan KDBK Unimed, khususnya di Fakultas Teknik Unimed.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd., Wakil Dekan I Dr. Rosnelli, M.Pd., Wakil Dekan II Dr. Eka Daryanto, MT., Wakil Dekan III Dr. Nathanael Sitanggang, M.Pd., beserta seluruh fungsionaris dan dosen dilingkungan FT Unimed.

Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd., menyampaikan “Peran dosen dalam meningkatkan mutu akademik di FIS sangat perlu terus kita tingkatkan dan kita kuatkan komitmennya. Oleh karena itu pengelolaan atau manajemen sumberdaya manusia dosen perlu diarahkan. Tentunya pemberdayaan dosen KDBK dalam meningkatkan kualitas mutu akademik perlu dimulai dari kesatuan persepsi dan harapan bersama. Pertemuan ini kita harapkan dapat menyatukan komitmen dan kesatuan pandangan terhadap peningkatan mutu akademik melalui peran KDBK kita fokuskan”, ujar dekan FT ketika memberi kata sambutan.

Rektor Unimed Prof. Syawal Gultom, M.Pd., dalam paparannya menyampaikan apresiasi terhadap FT yang aktif memuat gerakan baru dalam peningkatan mutu melalui pemberdayaan KDBK. Setidaknya ada lima peran KDBK agar terus bersinergi dalam penguatan penjaminan mutu pembelajaran. Yang pertama menentukan arah riset dosen dan mahasiswa, yang kedua menetapkan strategi karya ilmiah dosen dan mahasiswa, termasuk hasil HAKI dan PATEN yang ingin dicapai, yang ketiga melakukan review kurikulum untuk menyesuaikan dengan dunia kerja, yang kelima merancang sistem penjaminan mutu internal, dan terakhir meningkatkan kerjasama program studi kepada mitra yang siap menerima lulusan. Jika lima hal ini dapat dirumuskan dengan baik dan hasilnya dapat di realisasikan saya yakin mutu dan kualitas pembelajaran kita dapat menghantarkan lulusan kedunia kerja sesuai spesifikasi keahliannya.

Melalui duduk bersama dalam KDBK, dosen dikelompokkan sesuai bidang ilmunya dan komitmen dosen untuk berubah kearah yang baik tidak perlu di dorong, atau sudah ada kesadaran diri untuk berbuat yang terbaik. “Saya yakin kita dapat menghasilkan rancangan tim KDBK untuk tingkatkan mutu pembelajaran dan publikasi ilmiah dosen. Semoga FGD ini bermanfaat baik bagi kita bersama untuk kemajuan kampus yang kita banggakan,” ujar Prof. Syawal. (Humas Unimed)