FT Unimed Komitmen Tingkat Publikasi Ilmiah Dosen Terindeks Scopus

Medan (Unimed) – Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan untuk mendorong para dosen dalam meningkatkan kualitas jurnal agar dapat terindeks di jurnal yang bereputasi mengadakan Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah Terindek. Pelatihan dilaksanakan di Ruang VIP Digilib Unimed lt.4, (10/8/18) dengan menghadirkan narasumber Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S., Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd., Wakil Dekan I FT Dr. Rosnelli, M.Pd., Wakil Dekan II FT Dr. Eka Daryanto, M.T., Wakil Dekan III FT Dr. Nathanael Sitanggang, M.Pd serta seluruh dosen-dosen Fakultas Teknik.

Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd saat membuka acara ini mengungkapkan dukungannya terhadap peningkatan kualitas jurnal agar dapat terindeks di jurnal nasional maupun internasional yang beruputasi. “Kita akan terus dukung dan dorong agar jurnal dosen-dosen di FT dapat terindeks di jurnal nasional dan internasional yang bereputasi. Semoga dengan mengundang Pak Rektor sebagai narasumber apa yang kita targetkan yaitu 63 artikel dapat terindeks di Scopus.”

“Dosen Unimed sebenarnya tidak kalah dengan Universitas ternama lainnya hal itu dibuktikan dengan para mahasiswa kita yang mengikuti program PERMATA dimana para mahasiswa kita dapat mengikuti pembelajaran dengan mudah disana bahkan dapat meraih prestasi di kampus yang dituju. Hal itu menjadi bukti bahwa dosen kita mempunyai kompetensi yang tidak kalah dengan universitas ternama lainnya karena itu pasti para dosen Unimed juga dapat menghasilkan jurnal yang dapat terindeks di jurnal bereputasi,” ujar Prof. Syawal.

Prof. Syawal juga mengatakan para dosen juga harus melakukan research yang dapat memecahkan permasalahan yang ada di negeri dan mendorong negeri ini menjadi negeri yang maju karena tanda dari negeri yang maju adalah research yang kuat. Selain itu dengan meneliti para dosen akan dapat mengevaluasi pembelajaraanya mereka dapat memperbaiki dengan mengupgrade pembelajarannya sesuai dengan perkembangan jaman.

“Ayo kita latih dosen baik yang sudah penelitian maupun yang belum mempunyai penelitian. Kita latih mereka cara membuat manuscript yang bagus yang dapat terindeks di jurnal yang bereputasi,” tegas Prof. Syawal Gultom.

Pelatihan Penulisan Dosen Jurnal Ilmiah Terindeks Bagi Dosen dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama ini akan diajarkan strategi-strategi penulisan jurnal dan pada hari kedua akan diadakan Workshop penulisan Jurnal.(Humas Unimed)