FT Unimed Rintis Potensi Income Generate Untuk PK-BLU

Medan – Dalam rangka mengoptimalisasi pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) Fakultas Teknik Unversitas Negeri Medan mengadakan Workshop Program Income General di Lt.2 Aula FT Unimed pada 8 Agustus 2018. Turut hadir Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. sebagai Narasumber beserta Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S., Wakil Rektor IV Prof. Dr. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D. dan Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. beserta Wakil-wakil Dekan dan Dosen-dosen dilingkungan Fakultas Teknik Unimed.

Pada sambutannya, Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. mengatakan Tujuannya adalah menyamakan persepsi tentang PK BLU terkait dengan income generate yang bisa kita manfaatkan dan berupa Program kerjasama dan penyusunan layanan untuk melayani masyarakat. Workshop Program Income General memberikan wawasan dan ide-ide baru kepada dosen-dosen untuk menggali dan mengoptimalisasi potensi yang ada di prodi. FT dengan sarana dan prasarananya yang lengkap dapat menjadi modal dasar dalam memberikan pelayanan pendidikan khususnya Teknik dan PKK . Diharapkan agar masukan dan paparan dari Rektor dapat menjadi bahan masukan untuk kemajuan FT terutama dalam mengembangkan potensi pemasukan bagi Unimed.

Selanjutnya, Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. menjelaskan “Potensi di Fakultas Teknik ini sangat besar, dengan fasilitas yang memumpuni. Selain itu kita akan segera membuat asrama untuk mahasiswa, menjadikan Unimed menjadi pusat pelatihan Teknik dan melakukan pembinaan guru-guru Teknik di Sumatera Utara, melakukan berbagai kerjasama, melakukan event-event yang dapat menggali potensi pemasukan bagi Unimed. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan income generate tiap prodi harus terlebih dahulu memetakan potensi, kemampuan dan juga peluang yang bisa dipasarkan. Disamping itu, dosen-dosen diharapkan untuk menulis dan melakukan penelitian-penelitian yang melibatkan mahasiswa,” ujar Pak Rektor

“status PK-BLU ini menjadikan Unimed secara Fleksibel mampu mengelolah keuangan dengan pemanfaatan sebagai aset, pendirian unit-unit bisnis yang dapat menghasilkan income generate sehingga Unimed mendapatkan pendanaan yang memadai sebagai upaya untuk pengembangan kampus yang akan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan peningkatan fasilitas sarana dan prasarana kampus secara maksimal”. tegas Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (Humas Unimed)