Halaman Login User

Ini adalah halaman anggota, hanya boleh digunakan untuk anggota website portal fakultas teknik Universitas Negeri Medan. Bagi yang tidak berkepentingan harap menutup halaman ini, Jagalah kerahasiaan password anda demi keamanan..TERIMAKASIH

Silahkan anda login dahulu »

Lecturer Login Here

Lecturer Login Form

 



Untitled Document

SEJARAH BERDIRINYA FAKULTAS TEKNIK UNIMED


Sejarah Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Medan (UNIMED) dimulai sejak adanya Fakultas Keguruan Ilmu Teknik ( FKIT) IKIP Medan (1965 s/d 1983). Pada tahun 1983 s/d 2000 berubah menjadi Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) IKIP Medan.

FPTK IKIP Medan telah memulai pengembangan misinya baik dalam hal kependidikan mapun dalam bidang ilmu teknik dan pendidikan kejuruan (dual mission) sejalan dengan diberikan kewenangan (perluasan mandat) oleh Ditjen Dikti dengan SK Dirjen Dikti Depdikbud No. 910/D/T/98 tanggal 15 April 1998, dan mulai tahun akademis 1998/1999, FakultasĀ  telah memiliki dua program studi baru nonkependidikan yaitu: Prodi Teknik Mesin dan Prodi Teknik Sipil, disamping lima prodi kependidikan kejuruan. Perluasan mandat ini, pada tahun 2000, berkembang menjadi perubahan kelembagaan IKIP Medan menjadi Universitas Negeri Medan (UNIMED) dan FPTK IKIP Medan menjadi FT UNIMED, sesuai dengan SK Presiden No. 124 Tahun 1999, tanggal 7 Oktober 1999. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk peningkatan mutu penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), yang antara lain sebagai upaya untuk meningkatkan mutu lulusan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja, dan mampu berdaya saing dalam kehidupan global untuk menjawab kebutuhan pembangunan di berbagai bidang. Penyelenggaraan Program Non kependidikan dan kependidikan secara bersamaan pada pasca konversi diharapkan UNIMED mampu memanfaatkan resource sharing dalam upaya peningkatan mutu yang sekaligus mampu untuk mengantisipasi berbagai peluang dan tantangan pembangunan, lebih-lebih dalam menghadapi otonomi daerah dan perdagangan bebas.

Secara faktual masih ada keahlian dan/atau keterampilan yang dibutuhkan sesuai dengan arah kebijakan utama pembangunan khususnya di Sumatera Utara yang perlu dipersiapkan oleh UNIMED. Untuk program studi S1 Pendidikan Tata Boga yang selama ini yang merupakan salah satu peminatan dari program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga juga telah mendapat izin penyelenggaraan bersamaan dengan program studiĀ  S1 Pendidikan Tata Rias (SK No 2161/D/T/2007). Untuk Program Studi S-1 Pendidikan Automatif telah mendapat izin pada tahun 2009 dengan SK No. 1133/D/T/09 tanggal 14 Juli 2009.